Fungsi TRANSPOSE pada keyboard

Mengapa harus ada diperlukan fungsi transpose pada keyboard?

  1. Untuk mengubah menaikkan atau menurunkan kunci dasar tuts keyboard agar misalnya kita bisa tetap main di kunci putih2 terus atau kunci tertentu kesukaan kita, contoh: Papa saya paling suka main piano di kunci Es alias Eb alias 4Mol/Sharps.
  2. Kalau keyboard dipakai untuk jadi mesin playback lagu2 pengiring karaoke, biasanya kita butuh fungsi transpose untuk menaikkan atau menurunkan kunci agar sesuai dengan kunci yang cocok untuk kita bernyanyi.
  3. Saat kita menggunakan extra keyboard controller dan butuh transpose hanya berlaku untuk MIDI keyboard controller kita (misalnya untuk memainkan suara harpa atau koto), kita bisa set dan sesuaikan saat memainkan suara harpa selalu di C dan kalau Koto di F#.
  4. Dan bisa saja merupakan kombinasi dari ke 3 hal tersebut di atas.

Keyboard yang lebih mahal ada yang bisa juga transpose Audio Songs, tidak hanya MIDI Songs.

Keyboard yang lebih murah biasanya hanya bisa transpose pengkontrolan MIDI saja dan belum tentu bisa gabungan sekaligus, misalnya: MIDI/Audio Song di kunci E, Keyboard utama di kunci C, Extra MIDI Keyboard Controller di kunci F#.

Cara penghitungan TRANSPOSE:

  1. Naik +1 angka per setengah nada. Jadi misalnya Aslinya kunci G# tapi kita mau mainkan di kunci F: bayangkan kita pencet tuts F tapi bunyinya G#, berarti harus selalu berlaku jarak perhitungan otomatis +3 untuk setiap tuts yang kita pencet / tekan. Atau dengan hasil oktaf lebih rendah setting di -9. Coba praktekkan agar pengertian lebih masuk nancap.
  2. Sebaliknya saat kita ingin memainkan lagu asli di kunci F tapi extra MIDI keyboard controller menggunakan suara KOTO di kunci F# dan keyboard utama menggunakan suara Harpa di kunci C. Kirim jawaban anda dan cek benar salahnya via email masuk ke inbox anda:

Tinggalkan Balasan